Cermat Mengatur Anggaran Belanja Bulanan

May 9, 2016

Mengatur anggaran belanja bulanan bisa dibilang gampang-gampang susah. Apalagi harga kebutuhan pokok naik turun. Akan tetapi mengatur anggaran belanja bulanan sangat bergantung bagaimana kita dapat memperhitungkan pendapatan dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Ya, bolehlah dengan tambahan sedikit gaya hidup asal terukur. Namun kita meleset saat menggunakan anggaran, belanja bulanan dapat merusak kondisi finansial ke depannya.

Perlunya perhitungan yang matang dan jelas sebagai antisipasi agar kehidupan harian lainnya tetap terjaga. Apalagi buat para pegawai yang pendapatannya tetap per bulan tanpa proyek sampingan tentu harus apik mengaturnya. Ibaratnya, pemasukan hanya datang sekali tapi anggaran belanja bisa keluar kapan saja. Sementara bagi yang pendapatannya aman atau berlebih, juga tidak bisa seenaknya merusak anggaran belanja. Lalu bagaimana meyikapi anggaran belanja bulanan dengan cermat?

1. Cermat membuat daftar belanja
Biasakan sebelum berbelanja dengan membuat daftar anggaran belanja sesuai dengan pasokan bahan baku yang memang sudah habis. Jika Anda terbiasa membuat menu makanan yang pasti tiap harinya, ini akan mempermudah Anda membeli apa yang dibutuhkan.  Dalam pembuatan daftar belanja, perlu juga diperhatikan susunan bahan dan barang dari yang paling prioritas sampai sekedar keinginan. Namun perlu bijak menyikapi keinginan dengan budget yang sudah ditetapkan di awal.

2. Cermat membandingkan harga
Kebiasaan wanita membandingkan harga dari satu tempat ke tempat lain jangan dianggap remeh. Ternyata selain dapat menghemat anggaran, bisa juga mendapat barang lebih banyak. Saat belanja mulai biasakan dengan survei terlebih dahulu mulai dari harga di supermarket, pasar tradisional hingga ke tempat grosiran. Memang terkesan ribet, tapi toh kini belanja sudah dipermudah dengan brosur elektronik yang mudah untuk diakses.

3. Cermat memilih waktu belanja
Seperti berbelanja di supermarket kadang suka ada diskon atau promo khusus pada akhir pekan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat anggaran. Namun jika Anda terbiasa belanja di pasar tradisional, biasakan juga untuk memilih waktu belanja pada pagi hari. Selain mendapat barang yang masih segar dan  belanja juga tidak terlalu ramai/antri. Belanja pun menjadi lebih nyaman.

4. Cermat memanfaatkan diskon
Banjir diskon bukan berarti kita dapat seenaknya atau aji mumpung. Pemburu diskon sering menjadi kalap yang membuat  terjerembap dan baru menyesal saat tahu anggaran melebih batas perhitungan. Meskipun beragam nilai diskon yang tinggi ditawarkan, Anda tetap harus bijak memilih mana barang yang butuh dengan yang diinginkan. Selalu prioritaskan kebutuhan di atas keinginan.

5. Membayar tunai
Jangan menciptakan masalah finansial baru dengan kebiasaan mencicil/kredit/hutang dan sebagainya. Dengan membuat daftar anggaran belanja di awal, sebaiknya juga sudah dipersiapkan budget yang harus dikeluarkan. Bukan malah membuat daftar anggaran tetapi cara membayarnya dengan kredit. Nantinya di akhir bulan malah menyusahkan Anda untuk membayarnya. Tunai jauh lebih baik yang membuat Anda pandai dalam manajerial keuangan.